Cara Mengisi Pulsa Listrik - Rata-rata para pelanggan PLN selama menggunakan layanan listrik pascabayar, yakni para pelanggan memakai listrik terlebih dahulu dan kemudian baru membayar berapa energi listrik yang telah digunakan. Dimana setiap bulan ada petugas dari PLN yang melakukan pencatatan dan menghitung jumlah meter pelanggan, dan pihak PLN juga melakukan penagihan jika ada pelanggannya yang telat dalam melakukan pembayaran.

Kini ada sistem baru di PLN yang disebut dengan listrik pintar atau prabayar. Dimana pada sistem ini pelanggan PLN harus membeli daya listrik atau pulsa listrik dahulu melalui para penjual termasuk kami DhaniCell juga menjual Token Listrik. Selanjutnya pembeli mengisikan nomor unik yang diperoleh di penjual kedalam Meter Prabayar atau MPB yang terpasang ditempat pelanggan melalui sistem ‘token’ (pulsa).

Pada MPB atau meter prabayar terdapat sebuah layar yang memuat info mengenai berapa jumlah energi listrik (kWh) yang masih bisa dipakai atau dimiliki pelanggan. Dimana persediaan kWh ini bisa ditambah kapan pun dan berapa pun tergantung kebutuhan serta kemampuan masing-masing pelanggan. 

Dengan melakukan pengisian daya sendiri pelanggan bisa dengan mudah melakukan penghematan pemakaian energi listrik. Pihak PLN juga dimudahkan karena tidak perlu ada pencatat meter yang dilakukan tiap bulan.


Cara Mengisi Pulsa Listrik

Cara Mengisi Pulsa Listrik
image from www.pln.co.id
Bisa dikatakan listrik prabayar yang masih bisa di bilang baru mungkin masih ada sebagian orang yang bingung atau lupa cara mengisi token listrik ke MPB. Nah buat anda yang masih bingung bagaimana cara isi pulsa listrik di meteran(meter prabayar). Kali ini kami akan mencoba memberikan petunjuk sederhana cara mengisi pulsa listrik ini.


Cara Mengisi Pulsa Listrik PLN



1. Pertama tentunya anda harus membeli pulsa token listrik terlebih dahulu. Anda bisa membelinya di kantor pos, penjual pulsa, indomaret, alfamart, bank atau loket penjualan voucher listrik yang lain sambil membawa kartu identitas pengguna listrik prabayar milik anda, selanjutnya anda akan memperoleh 20 angka kode di struk pembelian token tadi. Bila anda bingung anda bisa bertanya kepada penjual mana kode token anda. Kami biasanya mengirim kodenya melalui SMS ini sehingga lebih praktis.

2. Selanjutnya masukkanlah 20 angka kode token tadi ke Meteran Listrik anda, Caranya dengan mengetik menggunakan nomor yang ada di meteran, selepas semua nomor masuk dan tertulis di layar MPB tekanlah tombol “ENTER” (⏎).

3. Bila sewaktu mengetik kode token anda melakukan salah pengetikan anda bisa menghapus dengan memakai tombol “Backspace” (←) untuk menghapus.

4. Bila kode yang anda masukkan benar maka akan muncul tulisan “ACCEPT/BENAR” dilayar monitor MPB anda setelah anda menekan tombol “ENTER” (⏎), kemudian layar meter menunjukkan berapa nilai kwh sesuai yang anda beli dan daya anda akan bertambah.

5. Bila pada layar muncul tulisan “REJECT / SALAH” setelah anda menekan tombol  “ENTER” (⏎) berarti kode token listrik yang anda masukan salah dan kemungkinan anda kurang teliti. Ulangi lagi dari awal dan cek benar atau tidak nomor token anda.

Itulah cara mengisi pulsa listrik semoga bermanfaat bagi semua terutama pelanggan Dhani Celluler.